Karya Mandiri

Provider PPOB Bukopin

Layanan PPOB PLN Meningkat

SURABAYA - Program Payment Point Online Bank (PPOB) milik PLN Distribusi Jawa Timur. disambut baik oleh para pengguna, sejak dicanangkan September 2008 lalu. Pada kenyataannya pengguna terus mengalami peningkatan. Terhitung sejak akhir Maret, pengguna layanan PPOB di Jawa Timur mencapai 61% dari seluruh konsumen di Jawa Timur. Pada Januari, pengguna layanan PPOB mencapai 18%, sedang Pebruari meningkat menjadi 35%.

Agus Widayanto, Corporate Speaker mengatakan, program layanan yang dilaksanakan akan terus dilanjutkan, pasalnya masyarakat merasa layanan PPOB memberi kemudahan.

Dari data yang masuk, paling banyak menggunakan layanan PPOB di Jawa Timur, adalah Madiun mencapai 91%, Surabaya Barat 88%, Mojokerto 84%, Gresik 82% dan Bojonegoro 77%.

Menurut Agus, di setiap daerah saat ini sudah ada realisasi penggunaan layanan PPOB. Terbukti, tidak ada daerah yang belum menggunakan jasa layanan PPOB, kendati hanya kota-kota besar yang memiliki prosentase tinggi, lantaran adanya fasilitas yang menunjang.
Guna meningkatkan pelayanan, saat ini PLN telah menjalin kerjasama dengan Bukopin, BNI, dan BRI, dan PT POS. Dengan kerjasama ini diharapkan konsumen bisa mengunakan fasilitas perbankan, apalagi bank-bank tersebut sudah masuk ke pelosok-pelosok desa.

Meski ada layanan PPOB, PLN tetap membuka layanan Service Point (langsung ke PLN lewat loket). Masyarakat bisa memilih layanan yang mana yang akan digunakan. Jika menggunakan layanan PPOB dikenakan biaya Rp 1.600 untuk biaya administrasi bank. Dan hingga saat ini, program PPOB belum menemui kendala, karena adanya fasilitas perbankan.

Selain itu, lanjut Agus, PLN juga memberikan sosialisasi kepada konsumen mengenai pelaksanaan melalui lefleat, koran, radio, bahkan seminar dengan mengundang pelanggan. Layanan PPOB memberikan kemudahan untuk pembayaran tegihan rekening listrik. ”Orang banyak mengeluarkan biaya untuk transportasi. Dengan layanan PPOB masyarakat bisa menghemat pengeluaran dengan melakukan pembayaran di bank,” jelasnya. ega

 

Sumber: surabayapagi.com