Karya Mandiri

Provider PPOB Bukopin

Naik Daya cara online

Guna memudahkan pelanggan, PLN Distribusi Jateng dan DIY meningkatkan pelayanan melalui program Naik Daya (Nada) Online. Nada Online ini melayani pelanggan PLN yang ingin mengajukan perubahan daya dari 450 VA hingga 4.400 VA. Meski dikatakan online, program ini sementara baru bisa diakses di loket PPOB Kantor Pos dan loket PPOB Bank BRI.

PPOB adalah Payment Point Online Bank atau loket pembayaran listrik dengan memanfaatkan jaringan Bank. Untuk tahap selanjutnya, PPOB yang lain akan diupayakan juga melayani program Nada Online ini.

Untuk mengajukan penambahan daya, pelanggan tidak harus datang ke kantor PLN. Namun, pelanggan cukup mengunjungi Kantor Pos atau Bank BRI terdekat.  Pada kedua PPOB ini telah tersedia kolom pendaftaran yang ditampilkan di layar monitor. Pelanggan cukup menyebutkan nomor ID Pelanggan, dan membayar biaya sesuai yang telah ditentukan.

Selanjutnya, petugas PPOB akan menyampaikan bahwa dalam waktu 2 x 24 jam proses penambahan daya telah dilakukan. Bahkan, ditegaskan oleh General Manager Fery Krisna, nantinya hanya butuh waktu satu hari saja.

Seorang pelanggan PLN berdomisili di Banyumanik, Semarang menyambut baik layanan ini, “Saya sangat terbantu. Saya yang tinggal di desa dan jauh dari Kantor PLN tidak perlu ke sana. Cukup ke Kantor Pos saja.”

Pelanggan yang akrab disapa Pak Joko itu merupakan pelanggan rumah tangga dengan kapasitas 450 VA. Dia bermaksud menaikkan daya listriknya menjadi 900 VA karena kebutuhan rumah tangganya memang meningkat. Di loket PPOB Kantor Pos, Pak Joko mendapatkan kejelasan biaya seperti yang bisa diperoleh di kantor PLN. Upaya pelaksanaan Nada Online juga dapat mencegah praktek percaloan listrik yang berpotensi menggelembungkan biaya.

Sumber: plnjateng.co.id