Karya Mandiri

Provider PPOB Bukopin

Berita Media

Luncurkan Pembayaran Listrik Secara On Line PLN Kaltim Bekerja sama dengan Bukopin

 

  1. Pada bulan Februari 2010 PLN telah meluncurkan sistem aplikasi terpadu berupa pembayaran tagihan listrik secara online terpusat dengan menggunakan sistem P2APST (Pengelolaan dan Pengawasan Arus Pendapatan Secara Terpusat).
  2. Sistem P2APST adalah suatu sistem pembayaran tagihan listrik dan non-tagihan listrik melalui bank dan/atau pihak selain bank secara online realtime per transaksi dan pelimpahan dana dilakukan dari account bank ke account PLN. Tujuan utamanya untuk mempercepat arus dana dan meningkatkan program revenue protection.
  3. Setelah sukses diterapkan di unit PLN di pulau Jawa dan Bali, PLN Wilayah Kalimantan Timur adalah PLN Wilayah Luar Jawa yang pertama kali bergabung dalam Pengelolaan dan Pengawasan Arus Pendapatan Secara Terpusat (P2APST).
  4. Bergabungnya PLN Wilayah Kalimantan Timur dalam P2APST ini ditandai dengan pembayaran secara online kepada 10 pelanggan melalui ATM, teller dan Edisi Bank Bukopin oleh DIROPIT dan DIRUT BUKOPIN.
  5. Jumlah pelanggan PLN Wilayah Kalimantan Timur sebanyak 463.908 Pelanggan dengan pendapatan Rp. 226.959.108.558 /bulan. Dengan bergabungnya  PLN Wilayah Kalimantan Timur  ke dalam P2APST memudahkan masyarakat dalam membayar rekening listrik selama didaerah tersebut terdapat ATM, atau Bank dan bagi PLN memudahkan dalam mengelola dan mengawasi pendapatan penjualan tenaga listrik.
  6. Sebelumnya PLN Kalimantan Timur telah melakukan program PPOB dengan menggaet beberapa bank dan collecting agent yang terdiri dari Bank Bukopin, BNI, BII, OCBC NISP, dan PT POS. Dengan masuknya Kalimantan Timur dalam P2APST diharapkan memberikan dorongan bagi unit lainnya untuk dapat segera bergabung dalam P2APST.

Sumber: www.pln.co.id

Page 2 of 27