Karya Mandiri

Provider PPOB Bukopin

Berita Media

Telkom Luncurkan Layanan Delima

Pihak PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mulai merambah bisnis remmitance (pengiriman uang). Hal itu terlihat dari peluncuran pelayanan Delivery Money Access (Delima) melalui aplikasi pengiriman uang melalui Plasa Telkom dan mitra yang melayani Delima (mitra cash point). Menurut Direktur Utama Telkom, Rinaldy Firmansyah, sudah saatnya Indonesia memiliki perusahaan lokal yang menangani bisnis financial, terutama dalam melayani kegiatan pengriman uang.


“Delima merupakan layanan pengiriman uang paling cepat, bisa dengan sms, perangkat computer dan menyediakan data informasi bagi yang tidak memiliki rekening,” paparnya dalam perjanjian kerjasama antara Telkom dan perwakilan mitra cash point di Jakarta, Senin (31/1).


Ia menegaskan, alasan pihak Telkom memilih bisnis pengiriman uang karena prospektif, baik secara global maupun nasional. “Bisnis ini berkembang cukup baik, lagipula bisnis bidang pengiriman uang juga belum begitu kompetitif dibandingkan dengan bisnis telekomunikasi lainnya,” tuturnya.


Apalagi, kata Rinaldi, proses pengirimannya cukup mudah. Dijelaskannya, para pengirim hanya mendatangi plasa Telkom atau mitra cash point dengan membawa identitas diri (KTP, SIM, Pasport). Selanjutnya, mengisi formulir pengisian transfer dengan mencantumkan nomor telepon seluler pengirim dan penerima untuk diproses pihak operator. “Dalam hitungan beberapa detik, si penerima akan mendapatkan SMS notifikasi pemberitahuan bahwa telah mendapatkan uang,” ujarnya.


Rinaldi menambahkan, pengambilan uang bisa dilakukan di plasa Telkom seluruh Indonesia dan mitra yang bekerja sama dengan Delima. “Bisa di ambil di 730 Plasa Telkom dengan kurang lebih 20 ribu outlet mitra Delima di seluruh Indonesia,” sebut Rinaldi.


Dikemukakannya, sejumlah mitra cash point Telkom untuk program Delima, antara lain, Pegadaian, kantor pos, PBNU, Koperasi Telkom (Koptel), BPR, CV Karya Mandiri, ARINDO, Dinner Club, dan CV Artaku. Rinaldy berharap, Delima dapat menjadi alternatif pengiriman uang lokal pertama yang memberi kemudahan dalam hal pengiriman uang.

Jurnas | Global | Jakarta

Page 4 of 27