Karya Mandiri

Provider PPOB Bukopin

Berita Media

PLN Canangkan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan Listrik

JAKARTA--MICOM: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menargetkan penambahan rasio elektrifikasi 1,6% dari Gerakan Sehari Sejuta Sambungan.

Manager Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, pada Hari Listrik Nasional 27 Oktober mendatang, PLN akan menyalakan secara serempak satu juta sambungan baru di seluruh wilayah Indonesia.

"Di Indonesia bagian barat, kita akan menyambungkan listrik kepada 244 ribu calon pelanggan baru, wilayah Jawa dan Bali ini akan melayani sekitar 602 ribu calon pelanggan, dan sisanya wilayah Indonesia bagian timur sebanyak 154 ribu," ungkap Bambang di Kantor Pusat PLN, Kamis (21/10).

Dengan adanya satu juta sambungan listrik baru pada Hari Listrik Nasional, dia berjanji tidak akan mempengaruhi pasokan daya ke sistem listrik seluruh wilayah distribusi. Diperkirakan beban listrik PLN akan bertambah sebesar 90 MW dengan penambahan sejuta sambungan.

"Kalau di wilayah Jawa Bali memang tidak akan kekurangan daya, tapi di luar Jawa Bali itu memang kita harus siasati dan disesuaikan dengan kondisi setempat agar tidak mengganggu sistem yang sudah ada," ungkapnya.

Bambang menjelaskan PLN membagi jatah kuota penyambungan listrik bagi para pelanggan baru berdasarkan kemampuan daya dan daftar tunggu yang dimiliki masing-masing wilayah.

Dalam Rencana Kerja Dan Anggaran (RKAP) PLN 2010, pihaknya memang menargetkan sambungan listrik untuk 1,3 juta calon pelanggan baru pada tahun ini.

"Dengan adanya Gerakan Sehari Sejuta Sambungan ini, diharapkan tahun ini PLN dapat menyambungkan listrik kepada 2,3 juta pelanggan baru," ujarnya.

Saat ini rasio elektrifikasi di Tanah Air baru mencapai 65% dari 300 juta penduduk Indeonsia. Kalau satu keluarga itu ada lima orang, itu berarti satu sambungan bisa dinikmati lima orang. Kalau dikali berarti akan ada 5 juta orang yang menikmati listrik. "Sehingga kalau dihitung berarti rasio elektrifikasi akan bertambah 1,6%," katanya. (OL-9)

Page 9 of 27