Karya Mandiri

Provider PPOB Bukopin

PPOB | Layanan Bagi Pelanggan Tercinta

Demi kenyamanan pelanggan, kini kami menghadirkan sistem pembayaran rekening listrik memanfaatkan fasilitas perbankan atau dikenal dengan PPOB (payment point online bank).

Dengan sistem ini, pelanggan akan semakin mudah membayar listrik, di mana saja, kapan saja dan dengan cara apa saja. Pasalnya, payment point (PP-tempat pembayaran) akan tumbuh dengan cepat di beragam tempat. Selain itu, masing-masing PP akan berupaya memberi pelayanan terbaik demi kenyamanan pelanggan. Bahkan beberapa PP ada yang bersifat mobile atau berkeliling menjemput pelanggan yang mau membayar listrik.

Hal ini terjadi lantaran pola kerjasama yang berlaku bukan lagi antara PLN dan PP (KUD), melainkan antara PLN dan bank. Selanjutnya, bank akan bekerja sama dengan PP dengan kata lain PP menjadi downline bank.

Buka Peluang
Dengan model seperti ini maka siapapun bisa bekerja sama dengan perbankan selama memenuhi syarat yang ditetapkan. Dengan kata lain, bisnis jasa layanan pembayaran online akan semakin terbuka layaknya bisnis pulsa telepon.

Sebagai gambaran, sejak pola ini dibuka Oktober lalu, telah tumbuh 1.082 PP di Jawa Tengah dan DIY bersistem PPOB. Rencananya, pada awal Januari nanti akan bertambah lagi sebanyak 54 PP yang tersebar di Manahan, Palur, Surakarta Kota, dan Yogya Selatan. Ke depan bisa dipastikan, akan banyak tumbuh PP baru yang bersifat online.

Bekerja Sama dengan Delapan Pihak
Hingga akhir November 2008 tercatat dari total pelanggan PLN Distribusi Jateng dan DIY yang berjumlah 6,8 juta, 184.980 pelanggan (194.093 lembar rekening listrik) telah membayar listrik di PPOB. Dari angka tersebut, sebagian besar pelanggan membayar di PT Pos Indonesia yang mencapai 93.245 pelanggan (99.570 lembar rekening listrik). Hal ini terjadi karena PT Pos Indonesia mempunyai downline sebanyak 400 titik yang tersebar hingga  di pelosok kecamatan.

Untuk membayar di PPOB, pelanggan akan dikenakan biaya administrasi dari bank bersangkutan yang besarannya Rp 1.500,- hingga Rp 1.900,- bergantung bank masing-masing. Khusus yang Rp 1.900,- saat ini hanya dikenakan bagi pelanggan yang membayar di PT Pos Indonesia.

Saat ini PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY sudah menjalin kerjasama dengan 7 bank dan PT Pos Indonesia. Mereka adalah BNI, BRI, NISP, Bank Bukopin, Bank Danamon, BPR KS dan Bank Mandiri. Bagi masyarakat yang berminat dengan bisnis ini bisa mengubungi masing-masing bank yang bersangkutan.

Sesungguhnya, inovasi yang kami lakukan tak lain demi memberi layanan terbaik bagi pelanggan. Kami pun berharap, inovasi ini akan mendapat sambutan dan respon yang positif dari pelanggan tercinta.